Sabtu, 27 Juli 2013

(101) Kisah Bahiyadaruciriya

Dhammapada

  • BAB VIII. SAHASSA VAGGA – Ribuan 

    (101)Daripada seribu bait syair yang tak berguna, adalah lebih baik sebait syair yang berguna,yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.


    Dhammapada Atthakatha :   

    (101)  Kisah Bahiyadaruciriya

    Sekumpulan pedagang pergi melaut dengan sebuah kapal. Badai mengganas dan kapal mereka hancur di tengah laut. Dari semua penumpang hanya satu orang yang hidup. Orang yang selamat dengan memeluk sebuah potongan kayu itu terdampar di pelabuhan Supparaka.

    Karena pakaian hilang, ia mengikat sepotang kulit kayu di tubuhnya. Dengan memegang sebuah mangkok, ia duduk di tempat dimana orang-orang dapat melihatnya.

    Orang-orang yang lewat memberinya nasi dan bubur; beberapa orang menganggapnya seorang arahat dan memujanya. Beberapa orang lain membawakannya pakaian tetapi ia menolaknya, ia kuatir kalau-kalau dengan memakai pakaian akan menyebabkan orang-orang hanya memberi sedikit. Selain itu, karena beberapa orang telah mengatakan bahwa ia seorang arahat, akhirnya ia secara keliru berpikir bahwa ia adalah arahat sungguhan.
    Oleh karena ia adalah seorang yang berpandangan keliru dan menggunakan sepotang kulit kayu sebagai pakaiannya, maka ia dikenal dengan nama Bahiyadaruciriya.

    Suatu ketika, Mahabrahma yang pernah menjadi temannya dalam kehidupan lampau, melihat bahwa ia telah melakukan kekeliruan. Ia berpikir bahwa menjadi tugasnya untuk mengembalikan Bahiya ke jalan yang benar.

    Mahabrahma datang kepadanya pada malam hari. Ia berkata kepadanya: "Bahiya, kamu bukan arahat, dan lebih dari itu kamu belum memiliki kualitas yang dimiliki seorang arahat."

    Bahiya memandang Mahabrahma dengan terkejut. Kemudian ia berkata: "Ya, saya mengakui bahwa saya bukan seorang arahat, seperti yang telah kamu katakan. Sekarang saya menyadari bahwa saya telah melakukan kesalahan besar. Tetapi adakah di dalam kehidupan sekarang ini seorang arahat?"

    Mahabrahma kemudian berkata bahwa sekarang ini di Savatthi ada seorang arahat. Buddha Gotama, yang telah mencapai Penerangan Sempurna dengan kemampuan-Nya sendiri.

    Bahiya menyadari demikian besar kesalahannya. Ia merasa sangat menderita, dan berlari di sepanjang jalan menuju ke Savatthi. Mahabrahma menolong Bahiya dengan kekuatan batinnya, sehingga jarak sepanjang 120 yojana dapat ditempuh dalam satu malam.

    Bahiya bertemu Sang Buddha ketika Beliau sedang menerima dana makanan bersama para bhikkhu. Ia dengan penuh hormat mengikuti-Nya. Kemudian ia memohon kepada Sang Buddha untuk membabarkan Dhamma.

    Sang Buddha menjawab bahwa saat menerima dana makanan, bukan waktu yang tepat untuk berkhotbah.

    Sekali lagi, Bahiya memohon: "Bhante, seseorang tak akan tahu bahaya yang akan menimpa kehidupanmu dan kehidupanku, sehingga kabarkanlah kepadaku perihal Dhamma."

    Sang Buddha mengetahui bahwa Bahiya telah melakukan perjalanan 120 yojana dalam waktu semalam, dan juga diliputi perasaan gembira yang meluap-luap pada saat bertemu Sang Buddha. Oleh karena itu Sang Buddha tidak segera berbicara Dhamma kepadanya, tetapi menunggu sampai ia tenang dan memungkinkan untuk menerima Dhamma dengan baik.

    Bahiya terus-menerus memohon. Sehingga, ketika berdiri di tepi jalan, Sang Buddha berkata kepada Bahiya, "Bahiya, ketika kamu melihat suatu objek, hendaknya sadarlah bahwa hal itu hanya objek yang dilihat; ketika kamu mendengar satu suara, sadarlah bahwa hal itu hanya suara; ketika kamu mencium, atau merasa, atau menyentuh sesuatu, sadarlah bahwa hal itu hanya bau, rasa, sentuhan, dan ketika kamu berpikir tentang sesuatu, sadarlah bahwa hal itu hanya objek pikiran."

    Setelah mendengar khotbah di atas, Bahiya mencapai tingkat kesucian arahat dan memohon izin Sang Buddha untuk menjadi bhikkhu.

    Sang Buddha berkata kepadanya untuk membawa jubah, mangkuk, dan kebutuhan bhikkhu lainnya. Dalam perjalanan untuk mendapatkan barang-barang tersebut, ia diseruduk oleh seekor sapi (sebenarnya yakkhini* yang menyamar menjadi seekor sapi) sehingga ia meninggal dunia. Ketika Sang Buddha dan para bhikkhu berjalan keluar setelah makan, mereka menemukan Bahiya telah tergeletak meninggal dunia pada tumpukan sampah.

    Atas perintah Sang Buddha, para bhikkhu mengkremasikan tubuh Bahiya dan sisa jasmaninya disimpan dalam sebuah stupa.

    Setelah kembali ke Vihara Jetavana, Sang Buddha berkata kepada para bhikkhu bahwa Bahiya telah merealisasi nibbana. Beliau juga berkata kepada mereka berkaitan dengan pencapaian "Pandangan Terang Magga" (Abhiñña) Bahiya adalah yang tercepat dan terbaik.

    Para bhikkhu bingung dengan pernyataan yang diucapkan Sang Buddha dan bertanya kepada Beliau mengapa dan kapan Bahiya menjadi seorang arahat.

    Sang Buddha menjawab "Bahiya telah mencapai tingkat kesucian arahat pada saat ia mendengarkan penjelasan Dhamma yang diberikan kepadanya ketika kita menerima dana makanan."

    Para bhikkhu heran bagaiman seseorang mencapai arahat setelah mendengarkan hanya sedikit kalimat Dhamma. Kemudian Sang Buddha berkata kepada mereka bahwa banyaknya kata-kata atau panjangnya khotbah tidaklah menjadi masalah jika hal itu bermanfaat bagi seseorang.

    Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

    "Sahassam api ce gāthā anatthapadasaṃhitā
    ekaṃ gāthāpadaṃ seyyo yaṃ sutvā upasammati."

    Daripada seribu bait syair yang tak berguna,
    adalah lebih baik sebait syair yang berguna,
    yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.

    ------------------------------
    Notes :

    * Lihat penjelasan mengenai yakkhini di notes kemarin.
    Dalam komentar, disebutkan bahwa yakkhini ini adalah yakkhini yang sama yang membunuh Tambadathika dalam kisah terdahulu (101), Suppabuddha dalam kisah no.66, dan Pukkusati.

    Bahiya, Tambadathika, Suppabuddha, dan Pukkusati adalah anak orang kaya dalam kehidupan mereka terdahulu, sementara yakkhini itu dulunya adalah seorang pelacur. Keempat pemuda itu bersenang-senang dengan pelacur itu sebelum akhirnya membunuh pelacur tsb dan mengambil perhiasan dan uang yang mereka berikan kepadanya. Pada saat kematiannya pelacur tersebut bersumpah untuk membalas dendam, dan yakkhini itu selanjutnya telah membunuh mereka dalam 100 kehidupan.

    Sang Buddha menyatakan bahwa Bahiya adalah yang paling terutama dalam kecepatan mengerti Dhamma (khippābhiññānam) (A.i.24; Ud.i.10). Pada masa Buddha Padumuttara, Bahiya mendengar Sang Buddha menyatakan seorang bhikkhu yang terutama dalam khippabhinnanam. Kemudian Bahiya bertekad untuk menjadi yang terutama dalam khippabhinnanam ini.

    Di masa Buddha Kassapa, saat ketika ajaran Buddha Kassapa mulai dilupakan orang, Bahiya adalah salah seorang dari 7 bhikkhu yang naik ke gunung batu, bertekad untuk bermeditasi di sana dan tidak akan turun sebelum mereka mencapai pembebasan. Pemimpin mereka berhasil mencapai kearahatan; bhikkhu yang kedua menjadi anagami dan meninggal dunia kemudian terlahir di alam Suddhavasa; sisanya, terlahir kembali di masa Buddha Gotama sebagai Pukkusati, Kumara Kassapa, Dabba-Mallaputta, Sabhiya, dan Bahiya.  Kemungkinan, mahabrahma dalam cerita di atas adalah bhikkhu yang menjadi anagami tersebut.

    Demikianlah, ketika kita membaca kisah pencerahan instant seperti ini, harus pula dipahami sesungguhnya tidak ada yang instant, semua ini adalah kerja keras yang telah dimulai sejak berkalpa-kalpa sebelumnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar